- Psikologi konsumen adalah suatu cabang ilmu psikologi yang mempelajari tentang bagaimana membeli, mendeskripsikan, menggunakan suatu produk atau jasa yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang dengan baik dan benar sehingga dapat memperoleh kepuasaan psikologis bagi individu pengguna suatu produk atau jasa tersebut.
- Perilaku Konsumen adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka.
Contoh : mahasiswa A sedang mencari buku referensi. Ia tidak hanya mencari di satu toko, tetapi juga di toko lainnya. Tidak hanya sekedar mencari, Ia juga memnimbang harga yang lebih murah dengan kualitas yang lebih baik sehingga dalam penggunaannya nanti Ia tidak merasa kecewa.
Perbedaan antara Konsumen, Konsumsi, Konsumtif , & Konsumerisme
- KONSUMEN : Individu pengguna barang atau jasa untuk kepentingan pribadi atau pun untuk orang lain.
Contoh: Seorang ibu rumah tangga yang berbelanja membeli kebutuhan pangan untuk di rumahnya
- KONSUMSI : Suatu tindakan penggunaan jasa, produk atau sumberdaya yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan.
Contoh : Seorang pejabat menggunakan jasa supir dalam untuk mengantarnya ke kantor.
- KONSUMTIF : Suatu sikap atau perilaku dalam mengkonsumsi barang atau jasa secara berlebihan, sikap ini dapat menuju pada kecenderungan SHOPAHOLIC.
Contoh : Seorang wanita muda yang memborong segala barang yang dilihatnya menarik di setiap toko.
- KONSUMERISME : Paham atau ideologi yang menjadikan seseorang atau kelompok melakukan atau menjalankan proses konsumsi atau pemakaian barang-barang hasil produksi secara berlebihan atau tidak sepantasnya secara sadar dan berkelanjutan. Hal tersebut menjadikan manusia menjadi pecandu dari suatu produk, sehingga ketergantungan tersebut tidak dapat atau susah untuk dihilangkan. Sifat konsumtif yang ditimbulkan akan menjadikan penyakit jiwa yang tanpa sadar menjangkit manusia dalam kehidupannya.
Contoh : Pecandu rokok yang tidak menyadari dirinya kecanduan.
Pengaruh Lingkungan terhadap perilaku konsumen
Lingkungan dapat mempengaruhi perilaku konsumen karena dengan lingkungan mempengaruhi keseluruhan masyarakat itu sendiri sehingga mempengaruhi perilaku konsumen masyarakat itu sendiri, misalkan lingkungan pertanian (petani) yang masyarakatnya melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sawah dan pertanian seperti membeli bibit, bajak, pupuk dan arit, untuk kegiatan mereka sehari-hari yaitu sebagai petani.
DAFTAR PUSTAKA
http://organisasi.org/perilaku-konsumen-ringkasan-rangkuman-resume-mata-kuliah ekonomi-manajemen
http://id.wikipedia.org/wiki/Konsumsi
DAFTAR PUSTAKA
http://organisasi.org/perilaku-konsumen-ringkasan-rangkuman-resume-mata-kuliah ekonomi-manajemen
http://id.wikipedia.org/wiki/Konsumsi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar